Liburan ke Gunung Bromo? Simak Tipsnya Sebelum Berangkat - Sering Dicari - Gudang Tutorial & Segala Informasi

Liburan ke Gunung Bromo? Simak Tipsnya Sebelum Berangkat

Gunung Bromo bisa dibilang sudah menjadi salah satu gunung favorite di Jawa Timur. Setiap harinya, gunung Bromo selalu ramai dengan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagaimana tidak, gunung Bromo memiliki pesona keindahan alam yang sangat luar biasa.

Kelebihan gunung Bromo yaitu sunrise yang sangat indah. Mata kalian dijamin akan terpesona dengan pemandangan gunung yang memiliki ketinggian 2.329 m diatas permukaan laut ini. Supaya liburan kalian semakin menyenangkan, kali ini Sering Dicari akan berbagi sedikit tips untuk kalian yang ingin berlibur ke gunung Bromo.

Liburan Ke Gunung Bromo Tips & Trick
Foto: unsplash/tricell1991
Saya termasuk orang yang tidak begitu sering menaiki gunung, tetapi tips ini saya berikan berdasarkan pengalaman saya saja supaya anda tidak mengalami kesalahan yang sama. Yuk langsung saja!

1. Berangkat Lebih Awal

Buat anda yang belum tahu, disebelah gunung Bromo terdapat gunung Penanjakan. Di Penanjakan memiliki sudut pandang paling bagus untuk melihat matahari terbit.

Supaya kalian tidak ketinggalan moment yang sangat berharga, usahakan pagi dari Malang sekitar pukul 1 siang maksimal. Perjalanan ke gunung Bromo dari Malang memakan waktu kisaran 2 jam, daripada terlambat lebih baik datang lebih awal.

2. Istirahat Cukup

Karena berangkat ke gunung Bromo tengah malah, bisa dipastikan semalaman anda tidak bisa beristirahat dan tidur sampai pagi. Sebisanya, usahakan istirahat yang cukup sebelum pergi ke gunung Bromo.
Istirahat yang cukup akan membuat anda bersemangat mendaki gunung terbaik di Jawa Timur ini. 

3. Bawa Jaket Tebal

Di gunung Penanjakan memeliki udara yang sangat dingin. Angin yang kencang membuat dingin semakin terasa. Bawa jaket tebal setebal-tebalnya untuk mengurangi rasa dingin yang akan menusuk tulang anda.

Persiapan untuk menghadapi dinginnya gunung Penanjakan Bromo tidak cukup dengan jaket tebal saja, tapi juga makan sebelum berangkat supaya anda cukup memiliki energy saat menunggu matahari terbit.

Oiya, jangan lupa membawa sarung tangan dan penutup kuping supaya semakin hangat. :D

4. Gunakan Travel Agent

Tips Holiday to Bromo Mountain East Java - Sering Dicari

Foto: unsplash/djakhfa
Khususnya untuk kalian yang baru saja ingin pergi ke gunung Bromo, menggunakan travel agent disarankan karena lebih praktis dan cepat. Anda tidak perlu bingung mencari jalan menuju kesana, dan lain sebagainya.

Banyak private trip juga yang setiap hari berangkat ke Bromo. Selain itu, berangkat menggunakan jeep lebih seru dan aman karena jalanan pasir yang sulit dilalui oleh mobil biasa.

5. Perhatikan Cuaca

Sesuai pengalaman saya pribadi, liburan ke gunung Bromo tanpa memperhatikan cuaca yang saya dapatkan adalah badai pasir dan kabut.

Pertama kali datang, badai pasir tebal dan angin kencang menyelimuti gunung Bromo sehingga saya tidak dapat melihat pemandangan. Kedua, kabut tebal menghalangi mata saya untuk melihat matahari terbenam di pagi hari.

Pastikan sebelum berangkat anda memperhatikan baik-baik cuaca, mencari informasi terkini tentang kondisi gunung Bromo supaya tidak kecewa nantinya.

***

Sekian tips dari saya, sekali lagi, saya bukan orang yang sering mendaki gunung,  tapi hanya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman saya sendiri ketika liburan ke gunung Bromo, semoga bermanfaat. Baca juga : 5 Wisata Malang Kekinian yang Wajib Dikunjungi
Disqus comments