Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Ojek Online (Gojek / GrabBike) - Sering Dicari - Gudang Tutorial & Segala Informasi

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Ojek Online (Gojek / GrabBike)

Sejak munculnya perusahaan transportasi online seperti Gojek dan Grab di Indonesia, banyak orang berbondong-bondong beralih profesi menjadi driver ojek online. Bahkan, beberapa orang memilih resign dari pekerjaan utamanya yang kemudian menekuni pekerjaan ini karena memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Namun, apakah benar menjadi driver ojol memiliki banyak keuntungan sehingga banyak yang mendaftar? Untuk anda yang ingin bergabung menjadi mitra dan masih bingung apakah nantinya akan cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka dari itu saya ingin berbagi informasi tentang kelebihan dan kekurangan menjadi driver ojek online. Supaya anda bisa mempertimbangkannya lagi sebelum benar-benar terjun.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Ojek Online Gojek GrabBike - Sering Dicari
Foto : gadgetsquad

Kelebihan dan kekurangan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman yang sudah lama menjadi driver ojek online. Mari kita bahas kelebihannya terlebih dahulu, kemudian kekurangannya.

Kelebihan Menjadi Driver Ojek Online :

1. Banyak Uang
Jika anda memutuskan untuk menjadi full time pengemudi ojek online, dijamin anda akan memiliki banyak uang karena jika anda berangkat dari pagi hingga sore otomatis penghasilan juga akan bertambah, terlebih jika penumpang memberikan bonus tip kepada anda.
Ditambah lagi dengan adanya bonus dari perusahaan, jika anda mencapai target bonus otomatis penghasilan akan semakin banyak.

2. Jam Kerja Fleksibel
Dibandingkan dengan jam kerja kantoran, menjadi driver ojek online memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Anda bisa menentukan kapan harus bekerja dan kapan harus pulang. Pihak transportasi online pun membebaskan anda memilik apakah pagi atau malam.

3. Banyak Kenalan Baru
Kalau anda adalah orang yang suka bersosialisasi dengan orang-orang baru, menjadi driver sepertinya pilihan yang tepat. Terkadang, jika anda mendapatkan pelanggan kantoran, bisa jadi orang tersebut adalah orang penting, sehingga anda bisa sekaligus berkenalan.

Selain itu, saat ini sudah banyak komunitas driver, anda bisa bergabung dengan mereka untuk menambah relasi dan teman baru.

4. Menghilangkan Stress
Stress dengan perkerjaan kantoran yang begitu-begitu saja? Menjadi mitra ojek online adalah solusi yang tepat. Di jalan, anda sekaligus bisa menghilangkan stress dengan melihat pemandangan disekitar yang anda lalui.

5. Pengalaman Baru
Hal yang terpenting adalah pengalaman baru, jika belum dicoba, anda mungkin tidak akan pernah tahu bagaimana nikmatnya menjad driver ojek online. Beda orang beda pengalaman, pengalaman pak Budi bisa saja berbeda dengan pengalaman pak Santoso, begitupun juga dengan anda.

Kekurangan Menjadi Driver Ojek Online 

1. Penghasilan Tidak Pasti
Menurut saya, menjadi driver itu sama dengan pebisnis. Anda tidak tahu berapa gaji yang anda dapatkan setiap bulannya, hal tersebut tergantung dengan seberapa giatnya anda untuk bekerja. Semakin giat, semakin banyak pula yang didapatkan. Namun jika anda bermalas-malasan, tidak bisa juga berharap mendapatkan uang yang banyak.

2. Capek
Sebelum memutuskan untuk menjadi driver sebaiknya memang difikirkan terlebih dahulu, apalagi jika anda adalah orang yang sangat mudah capek. Menjadi driver ojek online bisa dibilang sangat capek.
Bayangkan saja, bekerja dari pagi hingga sore bahkan malam hari diatas sepeda motor, mengantarkan penumpang, menunggu penasan makanan, kepanasan dan kehujanan, jika tidak memiliki fisik yang kuat, otomatis badang akan kelelahan. Resiko sakit pun anda akan rasakan sendiri.

Istirahat memang dibutuhkan, akan tetapi menjadi driver ojek online sepertinya jauh lebih melelahkan dibandingkan dengan pekerjaan kantoran.

3. Beresiko
Dibandingkan dengan resiko bekerja di kantor, bekerja di jalan memiliki resiko yang lebih tingga. Kecelakaan misalnya. Resiko akan semakin besar jika aktivitas semakin sering di jalananan. Resiko-resiko lain seperti ditipu juga tidak menutup kemungkinan.

Jadi, selalu berhati-hari saat berkendara, lebih baik beristirahat ketika anda kelelahan atau mengantuk, dan lebih baik menjemput penumpang di siang hari dan di tempat ramai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


***

Jika memang anda sudah yakin, tidak ada salahnya untuk mencoba. Sekian artikel "Kelebihan dan kekurangan menjadi driver ojek online". Semoga bermanfaat, salam!
Disqus comments